Ulangan Harian Tema 2 Kelas 6 SD
ULANGAN HARIAN TEMA 2
TEMA : PERSATUAN DALAM PERBEDAAN
Bacalah teks berikut dengan saksama untuk soal nomor 1
sampai 3
Proklamasi
kemerdekaan Indonesia
Proklmasi
kemerdekaan yang dilakukan pada tanggal 17 agustus 1945 menjadi peristiwa
penting bagi bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut menjadi tonggak sejarah
dimana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaan dan wajib mempertahankannya.
Diawalai dengan dijatuhkanya bom Atom oleh tantara Amerika Serikat pada tanggal
6 agustus 1945 di kota Hirosima dan 9 agustus dikota Nagasaki, Jepang akhirnya
menyerah kepada tantara sekutu. Peristiwa ini dijadikan kesempatan oleh bangsa
Indonesia untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang.
Teks proklamasi
ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, jl. Imam Bonjol nomor 1. Para
penyusun teks proklamasi adalah Ir. Soekarno, Drs, Moh. Hatta, dan Mr. Achmad
Soebardjo. Konsep proklamasi itu sendiri ditulis oleh Ir. Soekarno dan diketik
oleh Sayuti Melik.
1.
Pertanyaan
yang tepat sesuai paragraf pertama adalah …
A.
Siapa
tokoh yang menyusun konsep proklamasi?
B.
Siapa
saja tokoh penyusun teks proklamasi?
C.
Kapan bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya?
D.
Apa
peran sayuti Melik dalam proklamasi kemerdekaan bangsa Infdonesia?
2.
Gagasan
pokok paragraf kedua adalah ….
A.
Konsep
proklamasi
B.
Penulisan teks proklamasi
C.
Sayuti
Melik sebagai tokoh yang mengetik teks proklamasi
D.
Proklamasi
kemerdekaan
3.
Berdasarkan
teks di atas, siapa saja tokoh yang menyusun teks proklamasi?
A.
Ir.
Soekarno dan Sayuti Melik
B.
Drs.
Moh. Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo
C.
Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Achmad Soebardjo
D.
Tuanku
Imam Bonjol, Ir. Soekarno dan Moh. Hatta
4.
Manfaat
kata tanya mengapa adalah …
A.
Menanyakan
pelaku dalam suatu peristiwa
B.
Mennayakan penyebab terjadinya suatu peristiwa
C.
Mennayakan
proses suatu peristiwa
D.
Menanyakan
waktu terjadinya peristiwa
Bacalah teks
berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan
6
Pada tanggal 20
oktober 1945 tentara sekutu mendarat di Semarang. Kedatangan tantara sekutu
dipimpin oleh brigadier Bethel, awalnya untuk melucuti senjata tantara Jepang.
Pada tanggal 21 november 1945, para pejuang yang dipimpin oleh Letkol Isdiman
mengejar tantara sekutu yang mundur ke Ambarawa. Dalam pertempuran tersebut,
Letkol Isdiman gugur . kolenel Soedirman menggantikan Letkol Isdiman memimpin
para pejuang.
5.
Kalimat
tanya yang sesuia dengan teks di atas adalah …..
A.
Apa
jasa Brigadir Bethel bagi bangsa Indonesia?
B.
Kapan tantara sekutu mendarat di Semarang?
C.
Mengapa
Letkol Isdiman dikejar oleh tantara sekutu?
D.
Siapa
yang menggantikan kolonel Soedirman?
6.
Informasi
penting yang dapat ditemukan dengan menggunakan kalimat tanya “apa yang terjadi
pada lektol Isdiman saat mengejar tantara sekutu ke Ambarawa adalah ….
A.
Melucuti
senjata tantara Jepang
B.
Menggantikan
kolonel Soedirman
C.
Gugur dalam pertempuran di Ambarawa
D.
Mempersenjatai
tantara Belanda
7.
Kalimat
tanya yang tepat untuk untuk kalimat terakhir pada teks di atas adalah …
A.
Kapan
tantara sekutu mendarat ke semarang?
B.
Siapa
yang memimpin kedatangan tantara sekutu?
C.
Mengapa
letkol Isdiman gugur?
D.
Siapa yang menggantikan Letkol Isdiman untuk memimpin para pejuang?
8.
“Fatmawati
menjahit bendera pusaka sang saka merah putih yang dikibarklan pada upacara
proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesai”. Kata tanya yang tepat untuk kalimat
di atas adalah ….
A.
Apa
B.
Siapa
C.
Kapan
D.
Mengapa
9.
Perhatikan
kata tanya dan manfaatnya berikut ini!
1)
Mengapa
berfungsi untuk menanyakan pelaku peristiwa
2)
Kapan
berfungsi untuk menanyakan waktu terjadinya peristiwa
3)
Dimana
untuk menanyakan proses terjadinya peristiwa
4)
Apa
berfungsi untuk menanyakan penyebab terjadinya peristiwa
Kata tanya dan fungsinya yang tidak benar terdapat pada
nomor ….
A.
1
dan 2
B.
2
dan 3
C.
2
dan 4
D.
1 dan 3
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 10, 11 dan
12
Tanggal 9
agustus 1945, Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Dr. radjiman Wedyodiningrat
pergi ke Dalat , Saigon untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi, panglima besar
tantara Jepang di Asia Tenggara. Panglima tersebut menyampaikan informasi
kepada bangsa Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa
Indonesia.
Saat itu
tantara Jepang sedang terdesak oleh tantara sekutu. Beberapa wilayah Jepang
dijatuhi bom oleh tantara musuh. Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, Jepang
memutuskan untuk menghadiahkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
Pertemuan
antara panglima Jepang dan pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam
negeri. Terjadilah perbedaan pendapat antara tokoh golongan tua dan golongan
muda. Golongan muda tidak ingin kemerdekaan Indonesia diatur oleh Jepang.
Mereka menginginkan kemerdekaan Indonesia disiapkan oleh bangsa Indonesia tanpa
ada campur tangan asing.
10.
Gagasan
pokok paragraf pertama adalah …..
A.
Pertemuan pemerintah Indonesia dengan panglima besar tantara Jepang
B.
Jepang
memberikan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
C.
Perselisihan
golongan tua dan golongan muda
D.
Beberapa
wilayah Jepang di bom oleh tantara musuh
11.
Apa
yang terjadi para paragraf ketiga?
A.
Tantara
Jepang sedang terdesak oleh tantara sekutu
B.
Perbedaan pendapat antara tokoh golongan tua dan golongan muda
C.
Pertemuan
pemerintah Indonesia dan panglima besar tantara Jepang pada tanggal 9 agustus
1945
D.
Beberapa
wilayah Jepang dibom oleh musuh
12.
Berdasarkan
teks di atas, penyebab Jepang menghadiahkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
adalah ….
A.
Karena
pertemuan pemerintah Indonesia dengan panglima tantara Jepang
B.
Karena
terjadi perbedaan pendapat antara golongan tua dan muda
C.
Karena tantara Jepang terdesak oleh sekutu dan beberapa wilayahnya dijatuhi
bom oleh musuh
D.
Karena
adanya campur tangan asing
13.
“konferensi
Meja Bundar dilaksanakan pada tanggal 23 agustus sampai tanggal 2 november
1949”.
Kata tanya yang tepat untuk pernyataan di atas adalah …..
A.
Kapan
B.
Dimana
C.
Kapan
Konferensi Meja bundar dilaksanakan
D.
Dimana
pelaksanaan konferensi Meja Bundar
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 14,15 dan
16
Sudirman adalah seorang tokoh bangsa dimasa revolusi yang
patut dijadikan teladan. Ia lahir di Bodas, Karangjati,Purbalingga, pada
tanggal 24 januari 1916. Pendidikan formal ditempuhnya ditaman siswa dan HIK
Muhammadiyah, Solo. Karir militer Sudirman diawali di pendidikan tantara
Pembela Tanah Air (PETA). Setelah kemerdekaan, ia berhasil memimpin pasukan untuk
merebut senjata tantara Jepang di Banyumas. Ketika dibentuk Tentara Keamanan
Rakyat (TKR), Sudirman diangkat menjadi panglima divisi V/Banyumas. Kemudian,
melalui konferensi TKR tanggal 2 november 1945, ia terpilih menjadi panglima
besar TKR. Ia menjadi jenderal diusianya yang cukup mudah, 31 tahun.
14.
Kalimat
tanya yang sesuia dengan teks di atas adalah ..
A.
Bagaimana Sudirman diangkat menjadi panglima besar?
B.
Kapan
Sudirman menjadi pemimpin tantara sekutu?
C.
Mengapa
Sudirman menjadi jendral di usia yang sudah tua?
D.
Siapa
yang mengangkat Sudirman menjadi tantara PETA?
15.
Berdasarkan
teks, keberhasilan Sudirman saat mempertahankan kemerdekaan adalah …
A.
Merebut
senjata pasukan Jepang di Ambarawa
B.
Merebut senjata pasukan Jepang di Banyumas
C.
Gugur
dalam pertempuran di Banyumas
D.
Gugur
dalam pertempuran di Ambarawa
16.
Kata
tanya yang tepat untuk kalimat pertama pada teks adalah ….
A.
Apa
B.
Mengapa
C.
Siapa
D.
Berapa
17.
Kata
yang komponen huruf pembentuknya sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang
benar (sesuai KBBI) disebut …..
A.
Kata
sopan
B.
Kata
tidak sopan
C.
Kata baku
D.
Kata
tidak baku
18.
Umumnya
digunakan dalam Bahasa sehari-hari dan kadang dipengaruhi oleh perkembangan
zaman merupakan ciri-ciri dari kata ….
A.
Kata
sopan
B.
Kata
tidak sopan
C.
Kata
baku
D.
Kata tidak baku
19 Kalimat
di bawah ini yang menggunakan kata baku adalah …
A.
Rumah
pamanku di desa masih seperti gubug
B.
Beberapa
temanku yang nakal dinasehati oleh beberapa guru
C.
Ibu membeli obat di apotek
D.
Jadual
pelajaran kami semakin padat.
20.
kata
tanya yang tepat untuk menanyakan orang yang membaca teks proklamasi adalah ….
A.
Siapa
B.
Mengapa
C.
Siapa
yang membaca
D.
Mengapa
dia membaca
1.
Kemampuan
makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan tempat tinggalnya disebut …
A.
Habitat
B.
Ekosistem
C.
Adaptasi
D.
fantasi
2.
pengertian
ekosistem yang tepat adalah ….
A.
Kemampuan
makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya
B.
Kemampuan
makluk hidup untuk melindungi diri
C.
Tempat
hidup makhluk hidup
D.
Hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan tempat tinggalnya
3.
Tumbuhan
yang hidup di daerah kering disebut …
A.
Halofit
B.
Xerofit
C.
Higrofit
D. hidrofit
5.
Tanaman
ini tumbuh di atas air. Agar dapat menyesuaikan diri, tanaman ini memiliki akar
di bawah air. Tangkai daunnya tumbuh menjalar sehingga daunnya mengapung di
air. Daunya bundar dan lebar. Nama tanaman ini adalah ….
A.
Cocor
bebek
B.
Teratai
C.
Lumut
D.
Tumbuhan
paku
6.
Hidrofit
adalah sebutan untuk tumbuhan yang hidup di …
A.
Daerah
lembab
B.
Daerah
kering
C.
Air
D.
Di
padang gurun
7.
Contoh
tumbuhan yang halofit adalah
A.
Manga
B.
Kaktus
C.
Bakau
D.
bugenvil
8.
tumbuhan
yang hidup di daerah yang tergenang air laut disebut ….
A.
Hiodrofit
B.
Higrofit
C.
Halofit
D.
Xerofit
Nama
tumbuhan di atas adalah ….
A.
Teratai
B.
Kaktus
C.
Eceng gondok
D.
dedalu
10. lidah buaya pada umumnya tumbuh di ….
A.
Air
B.
Daerah
lembab
C.
Daerah kering
D.
Padang
pasir
11. Kantong semar termasuk tumbuhan insectivora yang artinya
….
A.
Tumbuhan
pemakan daging
B.
Tumbuhan pemakan serangga
C.
Tumbuhan
pemakan rumput
D.
Tumbuhan
pemakan daging dan rumput
Nama
tumbuhan di atas adalah ….
A.
Cocor
bebek
B.
Kaktus
C.
Lithops
D.
Kurma
13. Cara adaptasi hewan dengan lingkungannya menjadikan
setiap hewan memiliki ….
A.
Kepribadian
unik
B.
Sifat
yang seragam
C.
Ciri khusus
D.
Habitat
yang sama
14. Hewan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar agar
mampu …
A.
Makan
dan minum
B.
Bertahan
dari predator
C.
Mencari
mangsa
D.
Bertahan hidup dan berkembang biak
15. Cara adaptasi dengan cara melepaskan bagian tubuh
tertentu untuk melindungi diri disebut …
A.
Anatomi
B.
Autotomi
C.
Insectivora
D.
hidrofit
16. tumbuhan yang memiliki bulu-bulu di pohon sebagai cara
untuk perlindungan diri dari musuh adalah pohon ….
A.
Bambu dan tebu
B.
Jagung
dan jati
C.
Bambu
dan jati
D.
Randu
dan jati
17. Ciri khusus tumbuhan yang hidup di air adalah …
A.
Memiliki batang dan akar yang berongga
B.
Berbatang
tebal dan berlapis lilin
C.
Berbatang
tebal dan daun yang tipis
D.
Memiliki
batang berongga dan berduri
18. Tanaman kaktus dapat hidup di tempat yang kering dan
tandus. Ciri khusus tanaman kaktus adalah ….
A.
Daunya kecil seperti duri
B.
Batangnya
tipis dan berongga
C.
Daunnya
Panjang dan lebar
D.
Akarnya
kecil dan pendek
19. Nama tanaman berikut ini adalah ….
A.
Bugenvil
B.
Raflesia
C.
Venus
D.
Kantong
semar
20. Pohon jati akan menggugurkan daunya ketika musim kemarau.
Peristiwa tersebut merupakan bentuk adaptasi tumbuhan untuk ….
A.
Meningkatkan
proses fotosintesis
B.
Menghasilkan
bunga tumbuhan
C.
Memperkuat
batang dan ranting
D. Mengurangi penguapan air
Baca soal Tema 1 di sini





No comments for "Ulangan Harian Tema 2 Kelas 6 SD"
Post a Comment